Selasa, 20 Desember 2011

HAMBATAN DIFUSI INOVASI PENDIDIKAN

A. Tujuan Intruksional Pendidikan
1. Faktor – faktor hambatan difusi inovasi berkaitan dengan pranata sosial
2. Enam faktor utama
B. Pengantar
Sasaran inovasi pendidikan adalah anggota sistem sosial yang hidup dalam sistem sosial dan diatur dengan berbagai macam pranata sosial. Barbagai faktor yang merupakan hambatan proses difusi inovasi yang berkaitan dengan aplikasi budaya ilmu dalam sistem susila seperti : ekonomi, sejarah, politik , antropologi, sosial dan sosiologi.
C. Faktor – Faktor Difusi Inovasi Inovasi Berkaitan dengan Pranata Sosial
1. Hambatan Geogerafi
Hambatan geogerafi yang mencakup jarak jauh, Transportasi yang lambat, daerah yang terisolasi, keadaan iklim yang tidak menguntungkan, hampir semuanya dinyatakan dalam kategori hambatan yang serius.
2. Hambatan Sejarah
Hambatan sejarah mencakup masalah – masalah seperti peraturan kolonial, trdisi yang bertentangan dengan inovasi dan perjuangan untuk memperoleh kemerdekaan.
3. Hambatan Ekonomi
Hambatan ekonomi mencakup tersedianya bantuan dana dari pemerintah dan pengaruh inflasi.


4. Hambatan Prosedur
Hambatan prosedur mencakup berbagai faktor yang berkaitan dengan teknis administrasi pelaksanaan inovasi. Tarmasuk dalam hambatan prosedur adalah kurang cakapnya tenaga yang melaksankan program inivasi, kurang cukup adanya kerjasama atau koordinasi antara bagian yang penting dalam pelaksanan inovasi.
5. Hambatan Personal
Hambatan personal mencakup hal – hal : kurang adanya pemberian penguatan ( hadiah). Bagi penerima dan pemakai inovasi, orang – orang yang memegang peranan yang penting dimasyarakat tidak terbuka untuk menerima dan melaksakan inovasi, sikap kaku dan pengetahuan yang sempit dari para personal yang sebenarnya memiliki peranan penting dalam proyek, serta terjadinya pertentangan pribadi.
6. Hambatan Sosial – Budaya
Hambatan sosial budaya yang dianggap paling serius ialah adanya pertentangan ideology tentang perubahan ( inovasi ). Hal lain berkaitan dengan social budaya yang menghambat inovasi adalah kurangnya suasana adanya sling tukar pikiran secara terbuka, perbedaan nilai budaya ( cultural value ), serta kurang harmonisnya hubungan antara anggota team proyek inovasi.
7. Hambatan Politik
Adapun yang termasuk hambatan politik adalh kurngnya hubungan yang baik dengan pimpinan politik, adanya pergantian pemerintah akan menyukarkan pembinaan secara kontinu pelaksanaan program yang sudah direncanakan, pendidikan yang menangani proyek inovasi tidak mengetahui realitas politik, adanya keberatan terhadap proyek inovasi dengan berdasarkan kepentingan golonagan, kurang adanya pengertian dan kurang adanya perhatian dari pamimpin politik.
8. Hambatan Psikologi
Hambatan psikologi adalah hanbatan yang disebabkan oleh faktor – faktor yang ada didalam diri seseorang. Masalah pisikologi erat sekali hubunganya dengan jasmani, kalau rohani tidak setabil, maka akan dapat melahirkan tindakan – tindakan yang tidak stabil pula.
Selain dari delapan hambatan inovasi diatas ada juga hambatan lain yang dapat mempengaruhi hambatan difusi inovasi. Untuk mengatasi hambatan tersebut kita harus memperhatikan terlebih dahulu permasalahan yang terjadi didalam hambatan tersebut.
Menurut pendapat Per darlian, dalam bukunya Innovation In Education A Systemie View, mengemukakan empat macam hambatan ( rintangan )secara umum dalam menyampaikan pembaharuan adalah :
1. Nilai
Hambatan nilai adalah hambatan yang disebabkan oleh perbedannya ideology dan kepercayan dari setiap individu atau kelompok masyrakat.
2. Kekuasaan
Hambatan kekuasaan ini terjadi karena adanya pembagian kekuasan baru dalam sesuatu sitem sosial masyrakat. Dan pengaruh yang dimaksud dalam konteks diatas adalah pengaruh positif, dalam arti inovasi yang disebakan itu dapat diterima dan sebaliknya adalah pengaruh yang bersifat negatif, dimana inovasi itu ditolak.
3. Pelaksanaan
Hambatan pelaksanan (praktek) lahir apabila inovasi yang diterapkan kegagalan atau tidak diterima oleh masyrakat.


4. Psikologi
Hambatan psikologi adalah hambatan yang disebabkan oleh faktor – faktor yang ada dalam diri seseorang. Yang termasuk dalam hambatan atau rintangan ini antara lain adalah :
a. Penempatan pengangkat guru
b. Biaya dan fasilitas
c. Sistem komunikasi
d. Sistem koordinasi antara konsumen fan prosedur
e. Sikap Tradisonal ( cara berpikir primitive )
D. Enam Faktor Utama Hambatan Inovasi
Berbagai macam hambatan yang dikemukakan tersebut adalah merupakan kombinasi penafsiran pengertian dari orang yang menyusun item dan dari responden.
Ada 6 faktor utama hambatan difusi inovasi yaitu Estimasi tidak tepat, konflik pribadi dan motivasi, proses inovasi tidak berkembang, masalh financial, penolakan dari kelompok tertentu, dan kurangnya hubungan sosial.
1. Faktor Estimasi tidak tepat terhadap inovasi
Yaitu tidak tepat pertimbangan implementasi inovasi, kurang adanya hubungan antara anggota team pelaksanaan inovasi, kuaranganya adanya kesamaan pendapat tentang tujuan yang akan dicapai atau kurangan adanya kerja sama yang baik.
2. Faktor konflik dan motivasi
Disebabkan oleh pertentangan antara anggota team pelaksana, kurang motivasi untuk bekerja dan berbagai macam sikap pribadi yang dapat menggangu kelancaran proses inovasi
3. Faktor inivasi tidak langsung
Adapun yang termasuk dalam factor tidak barkembang inovasi ialah lambatnya pengiriman material yang diperlukan, material tidak siap tepat waktu, perencanan dana biasnya tidak tepat walaupun sudah dipertimbangkan adanya inflansi ( underestimate )
4. Faktor masalah financial
Adapun item yang termasuk dalam factor ini adalah tidak memadainya bantuan financial dari daerah, dari luar daerah, kondisi daerah secara keseluruhan, proritas ekonomi secara nasional lebih banyak pada bidang lain dari pada pendidikan, ada penundaan dalam penyampaian dana, terjadinya financial.
5. Faktor penolakan dari kelompok penentu
Adapun item yang termasuk dalam faktor ini dalah kelompok elit yang memiliki wewenangan dalam masyrakat tradisional menentang inovasi atau perluasan suasana pandidikan, tardapat pertentangan antara ideology mengenai inivasi, proyek inovasi dilaksanakan sangat lambat, peraturan kolonoial menuggalkan sikap masyrakat yang penuh kecurigaan terhadap sesuatu yang asing, kaberatan terhadap inovasi karena sebab keuntungan kelompok.
6. Faktor kurang adanya hubungan sosial
Faktor yang terakhir dan juga paling lemah pengarurhnya terhadap hambatan inivasi adalah faktor yang teridri dari dua hal yaitu hubungan antar team dan hubungan dengan orang diluar team.

Tidak ada komentar: